Senin, 05 Juli 2010

Kereta Api Super Cepat Di Dunia

Tentunya kita pernah naik salah satu jenis transportasi ini. Banyak keuntungan dari transportasi ini, selain tidak terkena macet, kita juga dapat melihat - lihat pemandangan melalui jendela. Banyak negara - negara yang telah membuat transportasi ini menjadi alat transportasi yang nyaman dan supercepat.

Sebagai moda transportasi kereta-kereta supercepat ini punya banyak kelebihan. Daya angkutnya yang besar dan yang paling penting dengan kenyamanan yang sama, polusi yang dihasilkan bisa sepersepuluh lebih kecil dibanding dengan pesawat terbang. Kereta-kereta ini diantaranya masih menggunakan roda-roda konvensional tetapi dengan mesin yang canggih dan yang terbaru menggunakan teknologi superconducting magnetic levitation (maglev train) yang melayang di atas rel.



Tokaido Shinkansen – Jepang

Jepang mengejutkan dunia dengan meluncurkan kereta cepatnya shinkansen (kereta peluru) pada tahun 1964 untuk melayani rute tokyo-nagoya-kyoto-osaka, dan kecepatannya "hanya" berkisar 201 km/jam (di tahun itu udah yang paling kenceng).


Gambar JR 300




Gambar JR 500




Gambar JR 800



Gambar JR E3




Gambar JR E4



Gambar JR Maglev MLX01



Gambar WIN 350 Experimental

Tiap jalur memiliki nama-nama sendiri (Tokaido, Tohoku, dll), dan tiap jenis keretanya diidentifikasi dengan sebuah julukan (Nozomi, Hikari, dll). Hampir 40 tahun sejak diluncurkan pertama kali, Shinkansen sudah mengangkut 6 miliar penumpang tanpa ada kecelakaan berarti. Rute Shinkansen juga memiliki frekuensi yang sangat tinggi, seperti rute Tokyo dan Shin-Osaka yang bisa dilewati enam kereta per-jamnya (bukan per-hari!).


Train a Grande Vitesse (TGV) – Perancis


Diresmikan pada awal tahun 80-an, TGV melayani rute Lyon dan Paris, setelah suksesnya rutenya kemudian ditambah ke kota lain di Perancis bahkan ke negara lainnya. Kereta ini dibangun oleh Alstrom sa - perusahaan pembuat kereta terbesar kedua di dunia. Kereta generasi barunya TGV V-150 memecahkan rekor kecepatan untuk kereta beroda konvensional pada kecepatan 515 km/jam. Kereta ini menggunakan supercharged engine dan meiliki roda kereta yang besar. Rekor barunya saat ini mencapai 574,8 km/jam

Intercity Express (ICE) - Jerman


Di awal tahun 90-an, Jerman meresmikan kereta cepatnya untuk melayani rute Hannover, Wurzburg, Mannheim, dan Stuttgart. Kereta ini dibangun oleh Siemens dan mencapai kecepatan 280 km/jam.


Gambar Transrapid


Jerman juga membangun sendiri kereta Maglev-nya Transrapid yang mampu mencapai kecepatan 550 km/jam tapi sayangnya pernah mengalami kecelakaan pada september 2006 di dekat kota Lathen dan menewaskan 23 penumpangnya.

Kereta Maglev Shanghai - China


Dibangun dengan teknologi Jerman, kereta ini mampu mencapai kecepatan hingga 430 km/jam dan sanggup membawa penumpangnya dari Bandara Internasional Pudong menuju Longyang Road Station di pusat kota hanya dalam waktu 8 menit.


Korean Train Express (KTX) - Korea Selatan

Tahun 2004, Korea Selatan menjadi negara kedua di asia disamping Jepang yang membangun jalur kereta cepat yang menghubungkan beberapa kota utamanya. Teknologi KTX mengadopsi teknologi TGV (kereta cepat asal perancis).


Taiwan High Speed Rail- Taiwan


Setelah beberapa tahun penundaan, akhirnya Taiwan High Speed Rail diresmikan penggunaannya pada tanggal 5 januari 2008. Kereta cepat ini dibangun dengan basis teknologi Jepang Shinkansen dan memendekkan waktu tempuh dari taipei menuju kaoshiung menjadi 90 menit dari sebelumnya yang 4 jam.


Direttissima - Itali


Itali resmi meluncurkan kereta cepatnya untuk rute Roma dan Florensia dengan kecepatan 254 km/jam.


Eurostar - Inggris


Kereta cepat ini dioprasikan tahun 1994 dan melayani rute dari london ke Perancis dan Belgia (melalui terowongan bawah laut). Dari London ke Paris menggunakan kereta ini memakan waktu 2 jam 35 menit. Kecepatannya saat ini mencapai 300 km/jam.

Lalu, Bagaimana dengan Indonesia?


sumber: www.kaskus.us


DbClix


Tidak ada komentar:

Posting Komentar